Melukis 3D Di Dunia Virtual Reality Kini Menjadi Kenyataan!


Teknologi Virtual Reality telah mulai menyebar ke seluruh dunia, kehadirannya memang menyita perhatian masyarakat dari berbagai kalangan. Banyak yang penasaran ingin mencoba teknologi baru tersebut, khususnya sensasi dalam bermain game. Meski begitu Virtual Reality tak melulu soal game, melainkan dapat diterapkan secara luas.
Para raksasa teknologi pun mulai berlomba-lomba berinvestasi dalam jumlah yang tidak sedikit untuk menggarap perangkat dan konten berbasis Virtual Reality. Salah satu yang konsisten adalah Google, yang baru-baru ini telah meluncurkan aplikasi Tilt Brush. Layanan apakah itu?





Melukis 3D Di Dunia Virtual Reality Kini Bukan Impian Lagi!
Titl Brush adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk melukis di dunia virtual, yang dirancang untuk mereka yang menggemari dunia seni sekaligus tertarik pada dunia Virtual Reality. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat gambar 3D. Tentu saja, hasilnya bakal menakjubkan. Pasalnya, semua imajinasi akan dapat dituangkan tanpa batas dengan Tilt Brush.




Dilansir dari CNN, meski Tilt Brush besutan Google namun aplikasi ini tidak mendukung handset VR Google Carboard. Sebaliknya, Tilt Brush justru mendukung platform gaming Steam yakni handset VR HTC Vive. Kamu akan diajak untuk mengelilingi sebuah ruang virtual di mana kamu bisa membuat karya seni melalui kuas yang disediakan. Kuas tersebut dapat diakses dan dikendalikan menggunakan kontroler berbasis gerakan pada HTC Vive.




Terdapat ribuan warna yang dapat membuat lukisan begitu hidup, kanvas yang kamu gunakan adalah ruangan tempat kamu berada saat itu yang disulap menjadi sebuah ruangan gelap dengan sudut pandang 360 derajat. Kamu bebas melakukan gerakan apa saja sesuka hati, gerakan tersebut akan membuat kamu dapat menikmati sensasi berada di dimensi lukisan virtual yang diciptakannya. Karena pembuatan lukisan ini bukanlah pada dunia nyata, tentunya kamu bisa lebih kreatif dan berimajinasi tanpa batas misalnya melukis dengan material lahar panas, salju, bintang, dan lainnya



Aplikasi Tilt Brush ini juga memiliki potensi untuk mendorong perubahan di industri fashion, dimana ilustrator bisa melukis dengan kain bertekstur seperti denim, sutra, katun, serta kulit. Desainer dapat menyempurnakan kreasi mereka, melihat skalanya dari setiap sudut dan juga dapat berbagi dengan pengguna Tilt Brush di seluruh dunia.




Menyoal harga, Google membanderol software ini seharga USD 30 atau sekitar Rp 400 ribu rupiah di Steam. Tapi kamu juga harus punya handset HTC Vive-nya ya. Kalau menurut kamu apakah teknologi Virtual Reality ke depannya bakal sukses?


Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar