Ternyata Ikan Bisa Tidur!

Tahukah Kamu Gimana Caranya Ikan Tertidur?


Apakah ikan tidur? Bagaimana caranya ikan tertidur?



Mungkin pertanyaan-pertanyaan serupa juga pernah terlintas di pikiran kalian




Faktanya, ternyata ikan itu juga butuh tidur layaknya manusia dan hewan-hewan lainnya agan-aganwati. Meski ikan tidak memiliki kelopak mata, kecuali jenis ikan hiu, namun mereka tetap tidur. Mereka juga butuh istirahat untuk memulihkan stamina dan kemampuan tubuh mereka. Pastinya cara mereka tidur sangat berbeda dengan manusia dan hewan pada umumnya.




Ikan tentu saja tertidur, namun caranya berbeda dengan manusia yang meletakkan tubuh di atas kasur dengan mata tertutup. Ikan tidak memiliki kelopak mata sehingga matanya tak mungkin tertutup, yang dengan kata lain bisa disimpulkan bahwa ikan tidur dengan mata tidak tertutup. Ikan juga tidak memasuki REM (rapid eye movement). Sesuai dengan spesies, cara tidur ikan berbeda-beda namun kebanyakan seperti ketika manusia sedang melamun. Beberapa ikan membuat sarang di dasar air seperti di dalam batu atau di dalam pasir.




Mereka tidak banyak bergerak dan menjaga dirinya tetap stabil di dasar air. Para ikan tidur dengan mata terbuka. Masing-masing jenis ikan memiliki tidur yang berbeda-beda pula. Ada ikan yang tidur siang hari, ada yang malam hari, ada yang tidur sambil sembunyi di persembunyiannya seperti terunggu karang. Ada yang tidur dengan melayang-layang dalam air, ada yang menyamarkan diri, terus ada juga mengurangi aktivitasnya menjadi sangat pelan ketika tidur dengan mata terbuka.




Durasi tidur mereka juga tidak sama tergantung seberapa aktif kegiatan mereka dan faktor lingkungan lainnya. Ikan di dalam akuarium misalnya, dapat terpengaruh siklus tidurnya berdasarkan pencahayaan. Ada ikan yang justru tertidur ketika mendapat banyak cahaya dan sebaliknya.



Pola tidur ikan juga bisa berubah ketika mereka sedang bermigrasi, berpijah, dan mengurus bayi-bayi mereka. Ikan bahkan bisa mengalami gangguan tidur seperti manusia, insomnia. Untuk membuat ikan tertidur, tinggalkan mereka sendiri agar mereka merasa tenang dan rileks





Sekian dari posting saya, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca :)






Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar